Wednesday, August 13, 2014

ONIP 2014 : Olimpiade Inovasi Pembelajaran Matematika P4TK Matematika

Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran Matematika merupakan wahana bagi guru
untuk berkarya dan berkreasi dalam pembelajaran matematika sekaligus memotivasi para pendidik agar selalu mengembangkan diri dengan karya-karya inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan bermuara pada peningkatan prestasi anak didik dibidang Matematika.

Ruang Lingkup
Produk yang dilombakan dapat berupa multimedia pembelajaran berbasis komputer atau alat peraga matematika. Produk inovasi diharapkan  dapat bermanfaat untuk penanaman atau penguatan konsep dan mengasah aspek keterampilan berpikir matematis siswa.

Bentuk produk inovasi meliputi:
1)   Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer.
  • Produk multimedia pembelajaran berbasis komputer dapat berupa media bantu mengajar di kelas atau media belajar mandiri.
  • Untuk produk media bantu mengajar di kelas (misal bahan tayang Powerpoint, atau media interaktif seperti GeoGebra, dan lain-lain) wajib menyertakan:
  1. RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) yang menerapkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan produk inovasi tersebut.
  2. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan multimedia tersebut.
  • Untuk produk berupa media belajar mandiri wajib menyertakan:
  1. Video panduan penggunaan media belajar mandiri (dapat menggunakan screencast).
  2. Penugasan/ project yang diberikan pada siswa untuk mengukur pencapaian yang diperoleh melalui proses belajar mandiri yang dilakukan menggunakan media tersebut.  Kelengkapan project siswa harus tercantum dengan jelas (penjelasan project, lembar kerja siswa, rubrik penilaian project, dan lain-lain).
2)   Pengembangan Alat  peraga matematika
  • Produk alat peraga matematika dapat berupa produk orisinal atau modifikasi dari alat peraga yang pernah dikembangkan sebelumnya.
  • Produk alat peraga matematika wajib menyertakan:
  1. RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) yang menerapkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan produk inovasi tersebut.
  2. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa dalam menggunakan alat peraga matematika tersebut.
Komponen Penilaian
Evaluasi berdasarkan:
-   Urgensi/kebermanfaatan (20%)
-   Kebaharuan (20%)
-   Orisinalitas (20%)
-   Penerapan K13 (15%)
-   Kelayakan Produk (15%)
-   Penyajian Laporan/ Presentasi  (10%)

Kelengkapan Pengiriman Produk
  1. Produk Inovasi beserta seluruh komponennya (dapat dibaca pada bagian ruang lingkup produk inovasi)
  2. File/printout naskah laporan (format terlampir)
  3. File biodata peserta (format terlampir)
  4. File hasil scan/printout ijin Kepala Sekolah (format terlampir)
  5. File hasil scan/printout surat pernyataan keaslian produk (format terlampir)
  6. Poster sosialisasi produk (berupa file, dapat dibuat menggunakan software pengolah kata misal Office, atau software apapun) yang memuat foto dan profil singkat pengembang, foto/capture screen produk inovasi, dan tagline (kalimat) singkat tentang produk Anda.
Tahapan Kegiatan
  • Pengiriman Produk dan Seleksi Awal (paling lambat 30 September 2014)
  • Desk Evaluation Produk Inovasi (Oktober – November 2014)
  • Pengumuman 35 Peserta Workshop Penilaian Final : 15 November 2014
  • Workshop Penilaian Final ( 24 – 28 November 2014, tentative terintegrasi dengan pelaksanaan SeNdiMat)

Sumber : onip.p4tkmatematika.org

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About